Menapaki Jalan Kerendahhatian Kristus

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Filipi 2

Paulus meminta agar jemaat Filipi bukan hanya sekadar tidak mementingkan diri sendiri, tetapi juga dengan rendah hati menganggap orang lain lebih utama daripada diri sendiri. Untuk melakukannya, prinsipnya adalah, “menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus” (2:5). Contoh konkrit dari prinsip itu adalah kerendahhatian Kristus (2:6-8).

Kerendahhatian Kristus berbeda dengan kerendahhatian kita dalam melayani orang lain. Mengutamakan kepentingan orang lain bukanlah perjalanan dari kerendahan dan berakhir di puncak kejayaan, melainkan perjalanan dari atas menuju ke bawah. Kerendahhatian Kristus itu unik dan tidak ada duanya, karena hanya kerendahhatian Kristuslah yang bersifat dari atas ke bawah, dari yang Ilahi menjadi Manusia demi melayani manusia. Kerendahhatian manusia, termasuk orang kaya melayani orang miskin, majikan melayani pembantu, dan atasan melayani bawahan adalah kerendahhatian normal terhadap sesama manusia, tidak luar biasa seperti kerendahhatian Kristus.

Saat melayani, perhatikan dua sisi kenyataan. Di satu sisi, bersyukurlah karena Tuhan mempercayai kita untuk melayani orang lain dan Dia menjadi teladan dalam melayani orang lain. Di sisi lain, waspadalah terhadap dosa kesombongan yang tersembunyi di hati kita karena pelayanan harus didahului kerendahhatian. Tanpa kerendahhatian, pelayanan akan menghasilkan kesombongan, sehingga kita ingin mendengar komentar bahwa pelayanan kita berbeda dan jauh lebih hebat dan bagus daripada pelayanan orang lain. Kita menjadi sangat bangga dengan apa yang kita dengar. Kebanggaan seperti itu membuat kita ingin tersanjung dan bukan ingin menyenangkan dan taat kepada Tuhan! Waspadalah! [Souw]

“Janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.” Filipi 2:4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: