Iman dan Pengaruh Lingkungan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 1 Raja-raja 1

Tak perlu diragukan bahwa walaupun Raja Daud tidak bebas dari kesalahan, dia adalah seorang beriman yang mengutamakan Allah dalam kehidupannya. Kedekatannya dengan Allah tercermin jelas dalam kitab Mazmur yang sebagian besar merupakan hasil karya Raja Daud. Relasi Raja Daud dengan Allah itu merupakan tolak ukur bagi raja-raja Yehuda. Kehidupan seorang raja disebut benar bila kehidupan raja tersebut seperti kehidupan Raja Daud dalam hal relasi dengan Allah. Sekalipun iman Raja Daud patut diteladani, kisah perzinahannya dengan Batsyeba telah mencoreng imannya.

Kejatuhan Daud dalam dosa perzinahan bukanlah semata-mata karena kebetulan atau karena ada kesempatan, melainkan dipengaruhi oleh pandangan masyarakat pada zaman kuno yang menganggap seorang raja berhak mengambil setiap wanita yang diinginkannya. Tidak mengherankan bahwa pada masa tua Raja Daud, para pegawainya mencari seorang perawan muda yang cantik untuk melayani segala kebutuhan Raja Daud (termasuk kebutuhan seksual), padahal sebenarnya saat itu Raja Daud sudah dalam kondisi lemah dan tidak lagi memiliki kebutuhan seksual.

Dalam sejarah Israel, jelas bahwa pandangan dan praktik hidup bangsa Israel amat dipengaruhi lingkungannya. Bangsa Israel belum siap menghadapi pengaruh lingkungan kafir. Oleh karena itu, saat bangsa Israel memasuki Tanah Kanaan, Allah memerintahkan agar mereka memusnahkan penduduk setempat (Ulangan 12:2; 20:16). Sayangnya, mereka mengabaikan perintah tersebut sehingga sejarah Israel terus-menerus diwarnai oleh pergumulan menghadapi kekafiran. Apakah Anda berani bersikap tegas menolak pengaruh kekafiran? [P]

“Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.” 1 Korintus 15:33

Satu Tanggapan

  1. Berikan kami hati yang bijak agar kami dapat hidup sesuai dengan firmanMu. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: