Tuhan, Penolong Israel

Baca: Mazmur 98

Mungkin banyak orang tidak mengerti akan sikap Allah terhadap Israel. Berulang-ulang orang-orang Israel memberontak dan menyakiti hati-Nya, namun Allah tetap menolong umat-Nya. Tindakan Allah ini terkesan plin plan dan tidak mencerminkan Allah yang bermartabat.

Lain halnya dengan pemazmur yang percaya bahwa tiada allah mana pun yang lebih besar daripada Allah Israel. Ia telah membebaskan umat-Nya dari pembuangan di Babel, menyatukan kaum sisa yang tercerai-berai, dan membawa mereka kembali ke Tanah Perjanjian. Itu sebabnya pemazmur mengundang bangsanya menaikkan nyanyian baru kepada Allah mereka (1, 4-5). Dengan keperkasaan-Nya, Ia membawa umat-Nya membangun negeri mereka dan sekaligus Ia mencurahkan murka-Nya atas bangsa-bangsa yang bergembira di atas penderitaan Israel (2).

Penghukuman Allah terhadap bangsa-bangsa menggambarkan Allah tidak lupa akan ikatan perjanjian-Nya dengan leluhur mereka. Allah memulihkan nama baik dan derajat bangsa Israel di antara bangsa-bangsa dunia (3). Karena itu, pemazmur mengajak orang-orang Israel meniup sangkakala bagi Allah Israel yang adalah Raja di atas segala raja (6). Luapan sukacita yang tidak terlukiskan dengan kata-kata membuat pemazmur mengajak alam ikut bergembira bersamanya (7-8). Sebab mereka memiliki Allah yang tidak melupakan umat-Nya. Dengan keadilan dan kebenaran, Ia bukan hanya membuat dunia menderita tetapi juga membawa keselamatan bagi bangsa-bangsa (9). Hal itu dilakukan Allah agar mereka mengetahui bahwa Dialah Tuhan Pencipta langit dan bumi (bdk. Yes. 45:5-8).

Allah itu setia, adil, dan benar. Ia tidak pernah menyesal dengan orang-orang pilihan-Nya. Ketika umat-Nya melakukan kejahatan, Ia turun tangan menghukum mereka. Namun, Ia akan membela umat-Nya apabila orang lain menzalimi orang-orang pilihan-Nya.

Bersyukurlah karena Kristus, kita menjadi umat pilihan-Nya. Dengan kasih setia-Nya, Allah mendisiplinkan dan menyelamatkan kita. [TG]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: