Sambutan untuk Raja yang Lembut

Baca: Matius 21:1-11

Kedatangan pembesar selalu disertai rangkaian protokoler yang sering kali rumit dan menyusahkan. Kedatangan Yesus ke Yerusalem jauh dari rangkaian protokoler, namun orang banyak menyambut dengan segala kemeriahan.
Dari desa Betfage, di Gunung Zaitun, sudah terlihat kota Yerusalem terhampar. Ke sana Tuhan Yesus menuntaskan panggilan-Nya. Hari-hari terakhir karya-Nya sudah semakin mendekat. Kuasa dan pengajaran Yesus sudah menumbuhkan semangat hidup di antara bangsa. Apa pun yang dilakukan dengan mengatasnamakan Yesus langsung mendulang dukungan.

Masuk ke Yerusalem untuk kunjungan yang terakhir bersama murid-murid, Yesus memilih naik keledai untuk menggenapi nubuat nabi Zakaria (4-5). Raja biasa mengendarai kereta kuda atau menunggang kuda. Yesus dan para murid biasa berjalan kaki ke mana saja, sekarang Yesus menunggang keledai yang lebih kecil dan lemah lembut, dibanding kuda yang adalah simbol kekuatan, kecepatan, dan kegagahan. Kedatangan Yesus ke Yerusalem adalah proklamasi bahwa Dia adalah Raja yang lemah lembut, sebagaimana nubuat Nabi.

Perhatikan kesediaan pemilik keledai yang spontan memberikan keledainya kepada Yesus, dan sambutan orang banyak sepanjang jalan yang dilalui-Nya! Kuasa dan kewibawaan nama Yesus sudah langsung menjadi penggerak bagi orang banyak untuk datang, menyambut, dan berseru-seru mengelu-elukan, “Hosana!” Seruan dalam bahasa Ibrani yang menyatakan pujian, harapan, kekaguman, dan kegembiraan. Hosana, Yesus Raja yang datang!

Sambutan dan reaksi spontan dari khalayak terhadap Yesus merupakan cerminan harapan dan kepercayaan yang tulus. Itu bukan hasil pencitraan apalagi kampanye. Karena Yesus tetap setia pada misi-Nya, mengerjakan kehendak Allah, bukan mengikut suara orang banyak yang menginginkan-Nya menjadi raja dunia mengganti Herodes dan melawan penjajah Romawi. Bagaimana kita mengikuti teladan-Nya pada zaman ini? [YTP]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: