Wujud dari Kesiapan

Baca: Matius 24:15-28

Selanjutnya Yesus menubuatkan munculnya Pembinasa keji (15; lih. Dan. 9:27, 11:31, 12:11, bdk. 2Tes. 2:3-4) yang akan menajiskan dan menghancurkan Bait Allah (lih. Mat. 23:38) serta kota Yerusalem. Pembinasa tersebut akan membinasakan ribuan penduduknya. Saat itu segera tiba, Yesus mengingatkan orang-orang percaya segera menyelamatkan dirinya (16-18). Sebab penderitaan yang akan menimpa mereka sangat mengerikan (19-21).

Pada waktu itu akan terjadi kesengsaraan yang besar (21). Sekalipun demikian, Tuhan turut campur tangan dan menyatakan kuasa-Nya bagi umat pilihan-Nya (22). Yesus memperingatkan bahwa pada masa kesengsaraan akan muncul para mesias dan nabi palsu yang akan menyesatkan banyak orang melalui berbagai tanda dan mukjizat yang mereka lakukan (23-25; lih. 5, 11). Ia juga mengingatkan agar orang-orang percaya tidak memercayai mereka sebagai Mesias sejati (26). Sebab Mesias yang sesungguhnya adalah Yesus.

Lalu, Yesus menggambarkan kedatangan-Nya seperti kilat yang memancar: terlihat, berskala kosmis, serta sifatnya tak terduga (27). Yesus menggunakan metafora burung bangkai berkerumun untuk menjelaskan bahwa orang-orang percaya akan berkumpul ketika Ia datang kembali (28).

Sebagai orang percaya yang menantikan kedatangan Kristus, kita harus bersiap sedia ketika mengalami kesulitan, permusuhan, ataupun penganiayaan. Bersiap sedia berarti: (1) sadar bahwa Yesus bisa datang kapan pun; (2) tidak bersantai-santai atau masa bodoh; (3) tetap mengerjakan tugas-tugas yang Tuhan percayakan kepada kita dengan setia; (4) memercayakan hidup kita dalam kedaulatan-Nya.

Marilah jujur kepada diri sendiri. Persiapan apa yang sudah kita lakukan untuk menyambut kedatangan Yesus? Hidup kudus, baik dalam perkataan, pikiran, perbuatan, kehidupan seksual, pekerjaan, bisnis, dan juga dalam relasi suami-istri, merupakan wujud kesiapan kita untuk menyambut kedatangan Kristus kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim Agung. [RH]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: