Pemimpin yang Cari Aman

Baca: Matius 27:11-26

Seorang rekan menasihati temannya sepert ini: “Jangan mau dipimpin oleh pemimpin yang cari aman. Karena dalam kondisi terjepit, ia akan mengorbankanmu”. Pemimpin yang seperti itu sangat manipulatif. Ia selalu mencari keuntungan diri dalam setiap kesempatan. Baginya pencitraan di atas segalanya daripada mengatakan kebenaran. Tampaknya Pilatus mencerminkan tipe pemimpin yang cari aman.

Pada awalnya, Pilatus berupaya menjadi mediator yang baik untuk menyelesaikan persoalan internal antara Yesus dan para imam kepala serta tua-tua Yahudi (11, 13, 17, 21-23). Ketika melihat perubahan kondisi dan emosi massa yang makin lama semakin meninggi, belum lagi diperparah oleh provokasi para elite agama Yahudi yang memakai isu penistaan agama sebagai dalil hasutan (20, 23, 25), Pilatus memilih cuci tangan dan mengorbankan Yesus (24, 26). Pilatus adalah orang cerdas dan ia tahu bahwa pokok pertikaian para pemimpin agama Yahudi dengan Yesus disebabkan oleh rasa dengki (18). Lagi pula Pilatus telah diperingatkan oleh istrinya terkait perkara itu (19).

Bukan Pilatus tidak tahu secara teori dan praktik menjadi pemimpin yang adil dan bijak. Ia memilih berpikir pragmatis karena tugas utamanya sebagai gubernur Yudea adalah menstabilkan daerah kekuasaannya agar masyarakat Yahudi tidak memberontak terhadap pemerintahan Romawi. Karena itu, ia memilih tidak turut campur tangan dalam pertikaian internal bangsa Yahudi (24). Untuk menarik simpati hati rakyat Yahudi, Pilatus menawarkan opsi antara Barabas dan Yesus (15-17, 20-23). Bagaimana pun tindakan Pilatus memperlihatkan dirinya dengan sengaja melepaskan tanggung jawab untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. Di titik inilah, ia dinilai sebagai pemimpin yang cari aman.

Jika Tuhan memercayakan Anda menjadi pemimpin, jadilah seorang pemimpin yang takut akan Tuhan! Jangan mengorbankan orang lain demi keamanan diri! Jadikanlah kepemimpinan Anda sebagai sarana berkat Allah bagi orang lain yang Anda pimpin! [MFS]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Satu Tanggapan

  1. Amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: