Dia telah Bangkit

Baca: Matius 28:1-10

Apakah Anda memerhatikan cara Matius mengakhiri tulisannya yang terlihat jelas dalam Matius 27:57-61? Matius menutup bagian itu dengan menyinggung soal Maria Magdalena dan Maria lainnya yang ada di sana menyaksikan jenazah Yesus dimakamkan oleh Yusuf, dan tinggal sebentar di situ (61). Tampaknya Matius mempunyai alasan kuat mengapa peristiwa tersebut perlu dicantumkan. Sebab ada kaitan bagian ini dengan peristiwa kebangkitan Yesus. Dan yang menjadi saksi pertama dari kebangkitan itu adalah kaum perempuan, seperti Maria Magdalena dan Maria yang lain (1).

Sebagai saksi mata pertama kebangkitan Yesus, kesaksian kedua perempuan itu sangat penting. Apa yang mereka lihat, dengar, dan alami menjadi bukti konkret iman akan kebangkitan Yesus (1-3). Meski kehadiran malaikat itu sangat menggentarkan, namun berita yang disampaikan sangat menguatkan hati (5-7). Pesan malaikat itu sangat jelas karena ia meminta kedua perempuan itu bukan hanya mewartakan kebangkitan Kristus, tetapi juga menceritakan segala sesuatu yang mereka lihat di kubur Yesus kepada para murid lainnya (5-7).

Tanpa keraguan, mereka segera pergi dan melakukan perintah malaikat Tuhan (8). Perhatikan bagaimana Matius menekankan ketergesaan mereka dengan memakai kata “segera pergi, dengan takut, sukacita besar, berlari cepat-cepat (8).” Tetapi langkah mereka terhenti saat Yesus hadir secara tiba-tiba di hadapan mereka. Secara spontan kedua wanita itu sujud menyembah-Nya (9). Pada momen itu, Yesus meneguhkan iman dan ketaatan mereka untuk memberitakan akan kebangkitan-Nya (10). Di sinilah mereka berjumpa dengan Yesus yang bangkit secara pribadi.

Perjumpaan pribadi dengan Yesus telah mengubah pola pikir, semangat, iman, dan kehidupan kedua wanita itu. Mereka menjadi pewarta Injil Kristus yang gigih dan setia. Bagaimana dengan Anda? Perubahan apa yang Anda alami sejak berjumpa dengan Yesus? Bagikanlah kisah itu kepada orang di sekitar Anda. [MFS]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: