Amanat Agung Yesus

Baca: Matius 28:16-20

Apakah definisi dari menginjili? Menurut Perjanjian Lausanne (1974) yang dihasilkan dari Kongres Internasional Penginjilan Sedunia di Lausanne: Menginjili adalah menyebarkan Kabar Baik bahwa Yesus Kristus mati untuk dosa-dosa kita dan dibangkitkan dari antara orang mati sesuai dengan Kitab Suci, dan sebagai Tuhan yang memerintah, kini Ia menawarkan pengampunan dosa dan karunia-karunia Roh kepada semua orang yang bertobat dan percaya.

Dalam bacaan Santapan Harian ini, Yesus mempersiapkan para murid untuk melaksanakan Amanat Agung-Nya. Berdasarkan berita yang disampaikan para perempuan itu, mereka pun berangkat menuju Galilea (16). Ternyata informasi tersebut benar adanya. Yesus telah mendahului mereka dan menampakkan diri-Nya di sana (17). Namun, ada beberapa murid yang meragukan kebangkitan Yesus itu nyata atau hanya tipuan belaka.

Kepada para peragu ini, Yesus tidak menolak dan mempertanyakan keraguan mereka. Ia memilih untuk lebih mendekat kepada mereka, agar mereka melihat Yesus secara pribadi dari dekat (17-18). Sepertinya mendekatnya Yesus membawa pengaruh bagi mereka. Setelah para murid yakin sepenuhnya akan Yesus yang bangkit, pada momen itulah Yesus menegaskan bahwa otoritas dan kuasa yang dimiliki-Nya berasal dari Allah Bapa (18). Lalu Ia memberikan Amanat Agung-Nya kepada para murid, yaitu untuk menjadikan segala bangsa menjadi murid Yesus, dengan cara pergi menjangkau mereka, membaptiskan mereka, dan mengajarkan kebenaran Tuhan kepada mereka (19-20). Dan Ia menutup Amanat Agung-Nya dengan memberian janji penyertaan kepada para murid dalam menjalankan tugas Amanat Agung Yesus (20).

Tugas Amanat Agung Yesus itu berlaku bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya, bukan hanya tugas rohaniwan semata. Mungkin sebagian kita merasa gentar dan tidak mampu melakukannya. Jangan khawatir jika kita melakukan bagian kita menjalankan Amanat Agung ini, Tuhan berjanji akan menyertai kita sepanjang masa! [MFS]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: