Jangan Sengaja Mempermainkan Tuhan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Raja-raja 16

Kerajaan Yehuda sebenarnya sangat beruntung. Pertama, banyak raja Yehuda yang disebut “baik di mata Tuhan”, sekalipun sebagian di antara mereka belum menjauhi bukit-bukit pengorbanan. Kedua, para pembesar tetap setia menjaga garis keturunan raja Daud. Oleh karena itu, bila seorang raja meninggal dunia, anak (keturunan) raja selalu diangkat sebagai pemimpin berikutnya.

Mungkin Ahas adalah raja yang paling buruk dari seluruh raja Yehuda. Ia merasa tidak apa-apa memelihara bukit pengorbanan seperti yang dilakukan ayah dan leluhurnya, bahkan menambahnya dengan menyembah anak lembu emas seperti yang dilakukan raja-raja Israel. Ia bahkan mempersembahkan anak sebagai korban dalam api, seperti yang umum dilakukan bangsa lain yang menyembah dewa Molokh. Ia juga memberi persembahan dan membakar korban di bawah setiap pohon rimbun. Ahas tidak takut bahwa pembesar kota akan memberontak terhadapnya. Oleh karena itu, dengan sembrono ia menista Bait Suci, membuat mezbah dengan model Damsyik yang sebenarnya dipakai untuk penyembahan berhala orang Asyur, dan menempatkannya di Rumah Tuhan. Pengarahan model ibadah buatan Ahas ia sampaikan kepada imam Uria yang melaksanakan dengan taat.

Terkadang Tuhan seolah-olah tidak menghukum kesalahan, sehingga betapa mudahnya kita menjadi lalai dan menganggap bermain dengan dosa itu tidak apa-apa. Dosa menumpulkan kerohanian dan nurani, dan pada akhirnya membuat kita sulit untuk kembali dan menyesali kesalahan di hadapan Tuhan. Hingga akhir hidupnya, Ahas tidak pernah menyesal atau kembali kepada Tuhan. Marilah kita kembali kepada Tuhan hari ini, selama kesempatan masih ada. [PHJ]

Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu ….” Ibrani 3:7-8

Satu Tanggapan

  1. Jangan biarkan iblis mendapat tempat pijakan dlm kehidupan kita, yg selanjutnya dapat melemahkan iman rohani dan ketaatan kita kpd Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: