Tuhan yang Dipuji dan Disembah

Baca: Mazmur 103:1-14

Sungguh berkat besar bagi manusia bila Tuhan memulihkan, memperbarui, dan memberikan kesempatan untuk hidup dalam kasih setia dan rahmat-Nya. Tidak ada kebahagiaan sejati dan tidak ada kepuasan sejati selain manusia mengalami jamahan Tuhan.

Pemazmur mengawali mazmur ini dengan mengajak batinnya untuk memuji Tuhan. Ayat 1 dan 2 terdapat pengulangan ungkapan “pujilah” Tuhan karena TUHAN adalah kudus dan Ia melakukan kebaikan. Dua pengenalan pribadi ini membuat pemazmur mengunggah pujian yang dinyanyikannya sendiri juga di hadapan umat.

Pemazmur berbicara kepada batinnya tentang lima kebaikan yang sudah dilakukan Tuhan di dalam hidupnya. Perkara yang paling mendasar adalah pengampunan Tuhan. Pengampunan membuat hidup pemazmur mengalami penyembuhan total dari segala penyakit sehingga hidupnya diperbarui dan dibebaskan dari kematian yang sudah begitu dekat. Hidup yang sudah diperbarui, dipulihkan kini dimahkotai dengan kasih setia dan rahmat. Hidup pemazmur dipuaskan dengan kebaikan dan ia menjadi kuat, gagah perkasa seperti burung rajawali. Sebab itu pemazmur menyatakan syukur dengan pujian kepada TUHAN yang kudus.

Pengalaman pribadi pemazmur juga pernah dialami Musa dan orang Israel. Pemazmur melanjutkan pujiannya kepada Tuhan berdasar pada pengalaman umat Tuhan pada masa lampau. Dimulai dengan ingatan (6) betapa baiknya Tuhan sebab Ia adil dan bertindak dengan keadilan dan hukum kepada orang yang diperas. Pemazmur menutup bagian ini (14) dengan pemahaman bahwa Tuhan tahu betapa kecil dan lemahnya manusia. Karena itu, pemazmur memuji Tuhan dengan mengungkapkan sifat, sikap dan perbuatan Tuhan atas manusia bagai seorang bapak yang sayang kepada anak-anaknya.

Apakah pengalaman pemazmur juga merupakan pengalaman Anda? Sepatutnya kita memuji dan bersyukur kepada Tuhan dengan segenap jiwa. [INAKO]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: