Jangan Sia-siakan Perjuangan Yosia!

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Raja-raja 23:1-24:7

Kendati Yosia menerima janji bahwa ia akan mati dalam damai, hal itu tidak membuatnya terlena seperti Hizkia (20:19). Yosia melakukan pembaharuan kerohanian besar-besaran di Yehuda. Ia memimpin rakyatnya untuk kembali mengikat perjanjian dengan Tuhan. Ia membuang semua perkakas sembahyang untuk berhala dari rumah Tuhan. Ia juga menghancurkan semua patung dan tiang berhala sampai menjadi debu. Ia juga membakar perkakas sesembahan berhala sampai menjadi abu dan menajiskan tempat dan tanah sembahyang berhala agar tidak ada lagi yang bisa memulihkan penyembahan kepada dewa-dewa itu. Yosia berbalik kepada Tuhan dengan “segenap hati, jiwa dan kekuatannya” (23:25). Sungguh, menggetarkan jiwa melihat kecintaan Yosia terhadap Tuhan (Ulangan 6:5). Selain itu, Yosia juga giat membela bangsanya dari ancaman musuh, yaitu dengan melawan Mesir dalam peperangan.

Sangat disayangkan bahwa semua kegiatan Yosia tidak cukup untuk membuat Tuhan beralih dari murka-Nya yang sangat bernyala-nyala terhadap Yehuda oleh karena Manasye (23:26; 24:3). Yosia mati dibunuh oleh Firaun dalam peperangan tersebut (23:29). Keturunannya ternyata menjadi raja yang jahat (23:32, 37). Betapa menyedihkannya!

Terkadang kita hanya bisa merenung dan berkata, ”Andaikan Yosia lahir lebih dulu dari Manasye!” Atau: “Andaikan Manasye tidak pernah dilahirkan!” Namun, seandainya kita di sana, belum tentu kita akan setia kepada Tuhan. Hanya ada satu cara untuk menjadi anak Tuhan di tengah dunia yang berdosa, yaitu kita harus benar-benar giat bagi Dia. Seberapa seriuskah Anda mengikut Tuhan? Seberapa giat Anda bagiNya? Jangan sia-siakan perjuangan Yosia! [PHJ]

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.” Roma 12:11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: