Beribadah kepada Tuhan dengan Teratur

Baca: 1 Tawarikh 16:37-43

Daud seorang pribadi yang menghormati dan menjunjung tinggi Tuhan. Ia mengatur tatanan ibadah dan penatalayan untuk melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab. Setelah selesai seluruh acara pemindahan tabut perjanjian Tuhan, ditutup dengan puji-pujian kepada Tuhan, Daud kemudian mengatur ritual-ritual yang harus dilakukan dan ia memilih dan menempatkan orang-orang yang menjadi penanggung jawab.

Pertama-tama di tempat kemah tabut perjanjian Tuhan berada, Daud memberi kepercayaan kepada Asaf dan saudara-saudara sepuak agar setiap hari Asaf mengatur puji-pujian kepada Tuhan yang dikumandangkan di hadapan tabut. Asaf adalah dari keturunan Gersom, anak pertama Lewi (1Taw. 6:39-43). Agar lokasi aman maka Daud menempatkan para penunggu pintu gerbang yaitu Obed-Edom dan 68 orang saudara-saudaranya.

Posisi Kemah Suci masih ada di bukit pengurbanan di Gibeon. Di sana ada mezbah kurban bakaran. Daud memercayai imam Zadok dan saudara-saudara sepuak sebagai penanggung jawab. Imam Zadok adalah dari keturunan anak ketiga imam Harun, yaitu Eleazar-Pinehas-Ahitub-Zadog. Ia dan tim bertugas pada pagi dan petang mengunjukkan untuk persembahan kurban bakaran dan harus melakukan sesuai dengan hukum Taurat.

Para pemuji, pengiring nyanyian dengan alat-alat musik adalah: Heman, Yedutun dan orang-orang terpilih. Sebuah komposisi dari paduan suara yang lengkap yang terus memuji dan bernyanyi bagi Tuhan, di antaranya: “Syukur bagi Tuhan. Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya”.

Selesai mengatur penyembahan dan ritual di Kemah Suci dan di Kemah tempat Tabernakel, Daud pulang ke rumah dan ia memberkati seisi rumahnya. Prinsip-prinsip ini dapat diaplikasikan dalam pola penatayanan di gereja, adanya hamba-hamba Tuhan yang melayani sepenuh waktu, ada orang-orang yang terpilih khusus, ada tim-tim yang semuanya melakukan dalam keteraturan sehingga Tuhan Yesus Kepala jemaat dimuliakan. [INAKO]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: