Pemuji Tuhan dan Pendoa

Baca: 2 Tawarikh 5:2-7:10

Sekitar 480 tahun yang lampau, tatkala Musa menahbiskan Kemah Pertemuan, awan kemuliaan TUHAN memenuhi kemah itu. (Kel. 40:34). Kemiripan peristiwa itu juga terjadi saat Tuhan memutuskan untuk diam dalam Bait Allah yang dibangun oleh Salomo. Keputusan Tuhan itu membuktikan bahwa Ia ingin selalu dekat dengan umat-Nya. Ia berada di tengah-tengah umat-Nya bukan dalam kesementaraan, tetapi dalam keabadian. Sebab itu rumah Allah adalah tempat di mana semua orang mendapatkan kesempatan untuk diberkati dan menikmati persekutuan dengan Allah.

Menghayati makna rumah bagi Allah sebagai tempat untuk tinggal di antara umat-Nya membuat Salomo takjub dan memuji kebesaran-Nya yang telah mengikat perjanjian dengan Daud (3-11). Berdasarkan perjanjian itulah, Salomo berlutut, menadahkan tangan, dan memohon kepada TUHAN (12-17).

Salomo menyadari bahwa Bait Allah yang kecil itu bukanlah tempat yang layak bagi Tuhan untuk tinggal, namun Ia rela tinggal bersama umat-Nya. Kesadaran itu yang mendorong Salomo menaikkan permohonan agar Tuhan membuka mata atas rumah ini dan menjadikannya sebagai tempat bagi siapa pun datang mengadukan masalah, mendapatkan pengampunan, pertolongan, pemeliharaan, perlindungan, dan pemulihan (18-42).

Tuhan memerhatikan doa dan persembahan kurban Salomo dan umat Israel. Ia mengirim api dari langit dan kemuliaan-Nya memenuhi Bait Allah itu. Sebuah perkumpulan raya berlangsung selama dua puluh tiga hari, kesempatan Salomo dan umat mengalami kedekatan dengan TUHAN.

Sebagai orang percaya, seharusnya gereja tempat kita beribadah menjadi rumah bagi kita memuji dan memuliakan Tuhan. Gereja juga menjadi wadah bagi siapa pun yang rindu bertemu dan mengalami Tuhan dalam kehidupannya. Karena itu, gereja dapat disebut sebagai rumah doa untuk sujud menyembah dan menaikkan permohonan kepada Tuhan. [INAKO]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: