Memelihara Hati Tetap Terpaut pada Tuhan

Baca: 2 Tawarikh 13:1-14:1

Pemazmur menuliskan: “Berbahagialah bangsa yang Allahnya ialah TUHAN….” (33:12). Tanpa Tuhan, yang tersisa hanyalah kebencian. Rasa benci akan menimbulkan pertikaian dan peperangan. Bangsa yang kuat menindas yang lemah. Inilah yang terjadi pada Kerajaan Utara dan Selatan. Sejak Yerobeam dan Rehabeam menjadi raja, perang saudara tidak terhindarkan. Kondisi itu berlangsung sampai masa pemerintahan Abia, anak Rehabeam.

Kekuatan perang tidak seimbang. Pasukan Yerobeam dua kali lebih banyak dari pasukan Abia. Abia mulai memukul “genderang perang” dengan orasi tentang hal yang mendasar dan utama yakni: perjanjian kerajaan yang dikatakan sebagai perjanjian garam (perjanjian yang tetap yang tidak dapat berubah) yaitu perjanjian yang diikat Tuhan. Kemudian Abia menyatakan bahwa Yerobeam telah memimpin para petualang untuk melakukan makar. Mereka merebut 10 suku karena Rehabeam tidak kuat menghadapi mereka. Abia mengingatkan akan pemberontakan Yerobeam terhadap Tuhan dengan mendirikan patung anak lembu emas dan mengangkat para imam bukan dari suku Lewi. Abia dan Israel telah meninggalkan Tuhan. Sedang Abia menyatakan bahwa kerajaannya tetap pada pengaturan Tuhan, baik para pelayan dan persembahan korban, dan memelihara kewajiban terhadap TUHAN dengan sungguh.

Tuhan menunjukkan pemeliharaan dan perlindungan-Nya kepada Abia dan para pahlawannya. Dalam pertempuran ini, pihak Yerobeam mengalami kekalahan. Setidaknya ada 500.000 orang terbunuh. Selama Abia memerintah, sulit rasanya bagi Yerobeam mengalahkannya.

Tindakan Abia yang berani menegur Yerobeam patut diteladani. Karena itu, janganlah takut dan gentar. Sebab Tuhan ada di pihak orang yang berani menyatakan kebenaran sekalipun ia mengalami tekanan. Pada akhirnya, pembelaaan Tuhan akan nyata. [YTP]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: