Roh Kudus Menetapkan Pengawas Jemaat

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kisah Para Rasul 20:17-32

Hari ini adalah Hari Ulang Tahun Gereja Kristus Yesus (GKY) yang ke-72. Selama 72 tahun, Tuhan memimpin dan memelihara GKY, sehingga GKY berkembang dari sebuah gereja kecil menjadi puluhan gereja yang tersebar di Pulau Jawa dan berbagai pulau lain di Indonesia, bahkan sampai ke manca negara. Perkembangan GKY ini bukanlah dimaksudkan untuk kebanggaan diri, melainkan sebagai wujud ketaatan terhadap Amanat Agung Yesus Kristus (Matius 28:19-20) serta peniruan terhadap teladan yang diberikan oleh gereja mula-mula pada zaman para rasul, dan secara khusus merupakan peniruan terhadap teladan yang diberikan oleh Rasul Paulus (bandingkan dengan 1 Korintus 11:1).

Dalam bacaan Alkitab hari ini, Rasul Paulus menyampaikan berbagai pesan penting kepada para penatua jemaat Efesus:

Pertama, tugas mereka sebagai penilik (pengawas) yang ikut menggembalakan jemaat adalah ketetapan Roh Kudus. Dalam melakukan tugas, mereka bertanggung jawab kepada Allah.

Kedua, mereka bertanggung jawab untuk menjaga diri sendiri serta jemaat (Kisah Para Rasul 20:28). Mereka harus menjaga diri sendiri karena mereka harus memimpin dengan menjadi teladan, bukan sebagai bos. Mereka harus menjaga jemaat karena (di sepanjang masa) selalu terdapat orang yang berusaha menyesatkan jemaat.

Walaupun ditujukan secara khusus bagi para penatua jemaat, pesan di atas dapat diterapkan secara umum bagi para pemimpin jemaat, baik pemimpin awam maupun rohaniwan. Apa pun tugas atau tanggung jawab Anda, sadarkah Anda bahwa semua yang Anda lakukan harus Anda pertanggungjawabkan kepada Tuhan? (bandingkan dengan Kolose 3:23). Bagi para pemimpin, sudahkah Anda meneladani Kristus, sehingga Anda bisa menjadi teladan bagi orang lain? [P]

“Karena itu jaglah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri Kisah Para Rasul 20:28

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: