Kehidupan Ayub yang Dipulihkan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Ayub 42

Kisah Ayub ditutup dengan akhir yang indah. Setelah mengizinkan Ayub mengalami penderitaan berat, akhirnya, Allah memulihkan keadaan Ayub.

Pertama, Allah memulihkan relasi- Nya dengan Ayub, sehingga hanya permintaan doa yang dipanjatkan Ayub yang akan diterima oleh-Nya (42:8).

Kedua, Allah memulihkan martabat Ayub di hadapan para sahabatnya dengan menunjukkan murka-Nya kepada mereka serta memerintahkan mereka mempersembahkan korban bakaran agar tidak terkena hukuman Allah (42:7-9).

Ketiga, Allah memulihkan relasi Ayub dengan keluarga dan kerabatnya (42:11). Mereka—yang dulu menyingkirkan Ayub—kini datang menjenguknya serta memberi banyak hadiah kepadanya.

Keempat, Allah mengembalikan semua kekayaan Ayub (42:12). Semua hartanya yang sempat hilang dikembalikan Allah, bahkan melebihi harta yang dimiliki sebelumnya.

Kelima, Allah memulihkan keluarga Ayub (42:13- 15). Allah tidak hanya mengizinkan Ayub kembali memiliki tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan, tetapi juga mengizinkan Ayub melihat anak cucunya sampai keturunan yang keempat.

Keenam, Allah memberkati Ayub dengan usia yang panjang (42:16). Ayub tidak sekadar berumur panjang, namun ia juga bisa menikmati masa tuanya di dalam kebahagiaan.

Keinginan Iblis menggoyahkan iman Ayub melalui berbagai penderitaan dahsyat ternyata gagal diwujudkan. Iman Ayub terbukti tidak berakar pada kebahagiaan keluarga, kelimpahan harta, kesehatan fisik, atau kehormatan sosial. Imannya berakar secara kokoh pada kebenaran dan kesetiaan Allah. Sama seperti Ayub, marilah kita membangun iman kita hanya di atas kesetiaan dan kebenaran Allah, bukan di atas hal lain apa pun di dunia ini. [TF]

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan r encana Allah.” Roma 8:28

Satu Tanggapan

  1. Dengar jugalah doaku ya Tuhan berkati keluargaku dan semua anak-anakku, karena hanya Tuhankulah yang bisa menolong aku. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: