Setia kepada Didikan

Baca: 2 Tawarikh 24:1-27

Setiap orang bisa dididik agar menjalani hidup yang baik. Raja Yoas mendapat didikan yang sangat baik dari Imam Yoyada. Ketidaksetiaan terhadap didikan menyebabkan kehancuran Raja Yoas.

Ada dua fase dalam hidup Yoas, yaitu: Pertama, saat ia dibawah bimbingan imam Yoyada dan hidup takut akan Tuhan. Kedua, saat ia memilih meninggalkan jalan Tuhan sesudah kematian imam Yoyada (2, 17-18). Inisiatif yang baik dari Yoas tampak saat ada kebutuhan untuk membangun rumah Tuhan dan perlengkapannya (4-5). Yoas yang mengingatkan Yoyada hukum Musa dalam hal mewajibkan pengumpulan pajak. Informasi itu disambut dengan sukacita oleh segenap umat (6-16). Raja yang memimpin pekerjaan, menyalurkan dana dan menunjuk tukang. Dengan demikian, peribadahan berjalan lancar tanpa henti sepanjang umur Yoyada.

Sejak kematian Yoyada, perilaku Yoas berubah drastis. Ia lupa diri karena terbuai oleh saran para pemimpin Yehuda untuk kembali kepada penyembahan berhala (17-18). Bahkan Yoas tega membunuh Zakaria, anak imam Yoyada. Ia telah lupa akan hutang budi kepada ayah Zakaria (19-22). Alhasil, apa yang dinubuatkan Zakaria terbukti. Allah Israel yang menumpas umat-Nya. Mereka dijadikan barang jarahan oleh bangsa-bangsa Aram (23-24). Sedangkan Yoas dikhianati oleh rakyatnya dan mati mengenaskan (25).

Kekuasaan memiliki daya tarik untuk mengubah perilaku seseorang. Tanpa pembimbing yang kompeten, kebaikan bisa seketika berubah menjadi kejahatan. Hal ini tampak dari ketidaksetiaan Yoas kepada didikan Yoyada untuk hidup takut akan Allah. Padahal didikan bertujuan untuk mengarahkan seseorang pada kebaikan. Namun, menolak didikan berarti menjerumuskan diri kepada kehancuran.

Salah satu ciri orang yang mau dididik adalah rendah hati belajar mengoreksi diri, mendengar saran maupun kritikan dari orang lain, dan lain sebagainya. Karena itu, kita perlu tuntunan Tuhan agar kita menjadi murid Yesus yang sejati. [YTP]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: