Membalikkan Keadaan

Baca: 2 Tawarikh 29:1-36

Revolusi mental dapat terjadi apabila seorang pemimpin menyadari bahaya laten yang sedang terjadi di tengah bangsanya. Dalam kondisi kritis, seorang pemimpin harus berani membuat kebijakan baru meskipun keputusan yang diambilnya tidak populer.

Hizkia artinya Yahweh adalah kekuatanku. Ia pewaris takhta keempat belas dari kerajaan Yehuda. Ia tidak seperti ayahnya, Raja Ahas, hidup dalam keberdosaan. Keterpurukkan bangsanya akibat hukuman Allah membuat Hizkia berupaya membalikkan keadaan (6-10). Dalam usia yang sangat muda, ia menetapkan hati untuk hidup benar di hadapan Allah (1-2). Hal itu terlihat dari upayanya membarui rumah Tuhan (3) dan mengembalikan fungsi peribadatan yang benar di hadapan Allah (17-19). Ia mereformasi jabatan dan fungsi keimaman Lewi. Itu sebabnya, ia memerintahkan seluruh suku Lewi menguduskan dirinya di hadapan Allah (5, 11-15, 25-26, 34).

Di samping itu, Hizkia menegakkan kembali ritual kurban bakaran di rumah Tuhan, misalnya: korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian bagi seluruh bangsa Israel (21-24, 27). Ia juga mengajak seluruh rakyatnya untuk memberikan persembahan sembelihan, syukur dan puji-pujian kepada Allah (31-33, 35). Ia beserta seluruh rakyat Yehuda menaikkan pujian dan sujud menyembah kepada Allah (28-30). Semuanya cara pengudusan, pentahiran, dan persembahan kurban bakaran kepada Allah berlangsung khusyuk dan sukacita (36).

Pembaruan mental dan rohani tidak akan berjalan lancar jika hanya menyentuh aspek eksternal, seperti memberi persembahan atau rajin beribadah di rumah Allah. Revolusi yang sejati selalu dibangun dari faktor internal, yaitu pertobatan hati. Tanpa komitmen dan kesungguhan hati mustahil pembaruan yang didambakan akan terwujud.

Bagaimana dengan kondisi kerohanian Anda saat ini? Apakah Anda mengalami suam-suam kuku? Apakah hidup Anda telah jauh dari Tuhan? Akuilah kesalahanmu, maka Ia bukan saja mengampuni Anda, tetapi juga memulihkan hidupmu. [TG]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: