Intervensi Allah dalam Sejarah

Baca: 2 Tawarikh 34:1-33

Jika kita sepakat bahwa Allah dalam Kristus adalah Pengendali sejarah manusia, maka tiada hal terjadi di luar kedaulatan-Nya. Allah mengawasi gerak sejarah manusia. Sewaktu-waktu Ia melakukan intervensi dengan memakai orang-orang yang berkenan kepada-Nya untuk mendatangkan kebaikan bagi dunia ciptaan-Nya.

Yosia bukan perintis utama reformasi kerohanian dan mental bangsa Israel, sebelumnya telah ada Uzia, Yotam, Hizkia, dan seterusnya. Yang membedakan Yosia dengan para leluhurnya ada dua hal, yakni:

Pertama, di usia delapan tahun ia bukan hanya melakukan apa yang benar bagi Allah, tetapi juga menetapkan hatinya hidup takut akan Allah. Di usia yang tergolong sangat muda, ia telah memahami pentingnya hati yang terarah kepada Allah (1-3). Ia menghancurkan segala patung berhala sampai tidak bersisa. Tujuannya, untuk menjauhkan orang-orang Israel jatuh kembali jatuh kepada perzinaan rohani (4-7, 33).

Kedua, penemuan kitab Taurat yang telah “hilang” (15). Jika dilihat sekilas, penemuan kitab itu terjadi secara tidak disengaja sewaktu merenovasi rumah Tuhan (8-18). Pada dasarnya, tidak ada yang kebetulan bagi Allah. Mungkin sudah waktunya bagi generasi baru mengetahui isi kitab tersebut dan dibacakan secara berjemaah (29-32). Apa reaksi Yosia? Perasaan takut dan gentar. Ia mengoyakkan pakaiannya sebagai ungkapan berduka, sedih, putus asa, dan memohon pengampunan (19). Dengan segera, ia mengutus imam Hilkia meminta petunjuk Tuhan baginya (20-26). Tindakan Yosia menyenangkan hati Tuhan dan Ia berjanji tidak mendatangkan malapetaka selama Yosia hidup (27-28).

Allah tidak pernah tertidur. Dengan kesabaran dan kasih-Nya, Ia mengamati segala yang dilakukan manusia. Melalui kuasa-Nya, Ia menahan laju kejahatan dengan mengutus orang-orang yang telah dipersiapkan oleh-Nya menjadi alat pembaruan dan pembawa damai.

Allah mencari orang yang mau menjadi alat pembaruan-Nya. Bagaimana dengan Anda? Persiapkan diri Anda dengan komitment yang kuat. [TG]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: