Permulaan yang Baik

Baca: Ezra 3:1 -13

Ketika tanggung jawab yang besar sedang menanti untuk dilakukan, sering kali kita menjadi bingung untuk menentukan prioritas. Padahal memulai sesuatu yang baik merupakan tindakan yang penting. Biasanya banyak masalah timbul saat kita tidak memulainya dengan baik.

Santapan Harian hari ini menunjukkan bahwa kaum Israel yang pulang dari pembuangan mulai melakukan aktivitas keagamaan, seperti: membangun mezbah Tuhan, merestorasi ritual korban bakaran, mempersembahkan korban bakaran setiap pagi dan petang hari, serta memperingati hari raya yang kudus bagi Tuhan (misalnya: Hari Raya Pondok Daun) (1-6a).

Ada hal menarik di sini yang perlu diperhatikan, yaitu: mengapa mereka hanya melakukan ritual dan tidak langsung memulai pekerjaan pembangunan Bait Allah? Semua aktivitas keagamaan wajib untuk dilakukan. Bukan berarti ritual lebih penting daripada pembangunan Bait Suci. Ritual tersebut memiliki tujuan, yakni: menghormati dan menegakkan nama Tuhan ditengah mereka, mengucap syukur atas kemurahan Allah, dan melakukan pengakuan dosa serta memohon pengampunan Allah. Semuanya ini dilakukan untuk menyucikan diri secara utuh sebelum memulai peletakan batu pertama untuk pembangunan Bait Suci. Lagi pula mereka sedang mengumpulkan dana untuk mencukupi segala bahan material yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut (7; lih. 1Raj. 5:1-6).

Setelah bahan material tercukupi, maka pada tahun kedua dan bulan kedua dimulailah ritual peletakkan batu pertama untuk pembangunan Bait Allah (10-11). Nyanyian, pujian, sorak-sorai, dan tangisan haru serta kegirangan yang memenuhi acara tersebut seolah-olah turut bergema sampai jauh (12-13).

Permulaan yang baik tidak menjamin akan selesai dengan baik pula jika tidak disertai dengan keseriusan dan ketulusan hati. Sebab itu, betapa pentingnya menyucikan pikiran, motivasi, dan hati di hadapan Tuhan sebelum kita memulai pelayanan di rumah Tuhan. [IT]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: