Bekerja dengan Detail

Baca: Ezra 7:28b-8:36

Seorang pemimpin dituntut untuk bekerja dengan detail. Suatu kebijakan besar dapat diwujudkan bila tiap bagiannya urut tertata dan masing-masing tugas dilaksanakan sesuai porsinya sehingga tujuan utama tercapai.

Misi membangun kembali Yerusalem dan menyelenggarakan ibadah kepada Tuhan diwujudkan dengan bergotong royong, yaitu menghimpun siapa yang ikut dalam rombongan pulang dari Babel (1-2). Partisipasi mereka terlihat dari daftar nama yang panjang (8:2-20). Bahkan masing-masing disebut dengan namanya (20). Daftar panjang yang kedua adalah emas perak dan harta berharga yang dibawa sebagai modal pembangunan dan pemulihan rumah Tuhan di Yerusalem (8:24-35).

Ezra sendiri turun tangan memilih orang-orang yang dapat dipercaya membawa, menghitung, menimbang harta yang diserahkan, dan memberikan petunjuk bagaimana mempertanggungjawabkan titipan itu sesampainya di Yerusalem. Semua hasil perhitungan tersebut dibukukan kembali secara transparan (34). Agar segala sesuatu dapat berjalan sesuai rencana dan aman, Ezra menyerukan seluruh rombongan untuk berdoa dan berpuasa (21-23). Dan Tuhan mengabulkan permohonan mereka.

Hidup beriman bukan berarti menyerahkan semua masalah kepada Tuhan. Orang percaya perlu ikut berperan aktif melakukan bagiannya dengan bertanggung jawab. Jika hal itu telah dilakukan dengan maksimal, selebihnya diserahkan kepada kemahakuasaan Tuhan. Dengan demikian, rasa takut dan khawatir akan tersingkir dari hati kita. Sebab kita menyakini bahwa Tuhan memegang kendali atas segala sesuatu yang terjadi.

Sering kali seorang pemimpin meremehkan perkara kecil karena terpaku pada tujuan yang besar. Akibatnya, mereka tersandung dan kehilangan kepercayaan di mata Tuhan (bdk.Luk.16:10). Karena itu, kerjakanlah bagian kita dengan penuh dedikasi sembari berserah diri kepada Tuhan. Yakinlah bahwa Tuhan akan menolong kita. [YTP]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: