Kemunafikan Sebuah Bangsa

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yeremia 7

Menjelang hari raya, parsel-parsel lazim dijual. Lazim pula, petugas melakukan razia untuk memastikan bahwa kualitas isi parsel seindah kemasannya. Itulah gambaran pasal 7. Secara kemasan, bangsa Yehuda memang indah: Ritual keagamaan adalah pemandangan dan pengalaman setiap hari. Tetapi, kualitas isinya buruk. Allah memerintahkan nabi Yeremia ke bait suci untuk menegor perilaku jahat bangsa ini (7:1-3).

Sehari-hari, pemimpin maupun rakyat melakukan berbagai kejahatan serius terhadap Allah dan sesama (7:5-7). Kerajinan beribadah tidak diikuti perilaku yang baik di tengah kehidupan bermasyarakat. Inilah dosa kemunafikan! Rupanya para pengkhotbah punya andil. Mereka hanya mengkhotbahkan slogan rohani yang meninabobokan, “ini rumah Tuhan, kita umat pilihan, kita aman!” (7:4, 8), sehingga bangsa ini terlelap, tidak merasa bersalah saat melakukan kekejian (7:9-11).

Tuhan memperingatkan mereka dengan tragedi kota Silo (7:12-15). Kota dan tempat ibadah di wilayah Israel Utara itu dulunya merupakan tempat suci, simbol kehadiran dan penyertaan Allah. Namun, saat ini, kota tersebut sudah menjadi puing. Tragedi yang sama akan dialami kota dan bait Suci di Yerusalem karena Allah serius menghukum umat atau bangsa yang munafik (7:15-34).

Bangsa Indonesia dikenal religius, namun budayanya masih menekankan kemasan daripada isi. Berbagai kejahatan kriminal, moral, politik, dan kekerasan SARA adalah bukti yang sulit dipungkiri. Bertekadlah untuk melengkapi ketekunan beribadah dengan gaya hidup sehari-hari yang baik. Ambilah waktu untuk mendoakan para hamba Tuhan di gereja Anda agar mereka hanya menyampaikan firman Tuhan yang sejati. [ICW]

“Sudahkah menjadi sarang penyamun di matamu rumah yang atasnya nama-Ku diserukan? Kalau Aku, Aku sendiri melihat semuanya, demikianlah fir man TUHAN.” Yeremia 7:11

Satu Tanggapan

  1. Berikan kami hati yang bersih sehingga kami berkenan dihati Tuhan. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: