Pasca Pembangunan

Baca: Nehemia 7:1-73

Pada akhirnya tembok Yerusalem selesai dibangun. Tugas selanjutnya adalah mendata dan meneliti status orang-orang Yahudi yang pulang dari pembuangan. Tujuannya untuk mencatat silsilah dari mereka dan beserta keturunannya yang masih bertahan hidup (6-63). Sebab hal itu berkaitan dengan kelangsungan hidup bersama dalam tembok Yerusalem.

Setelah tembok Yerusalem selesai dibangun, semua pintu gerbangnya ditutup dan dipalangi. Pengawasan dan keamanan Yerusalem diserahkan pada Hanani. Mengapa Nehemia memilih Hanani? Karena ia dikenal sebagai pribadi yang dapat dipercaya dan takut akan Allah.

Jika kita melihat daftar silsilah pada perikop ini akan ditemukan kesamaan dengan Kitab Ezra pasal yang kedua. Hal ini seakan-akan untuk memastikan bahwa semua yang kembali dari pembuangan adalah orang Yahudi. Dalam silsilah itu terdapat seorang yang namanya sama dengan Nehemia.

Ternyata nama yang dimaksud bukanlah Nehemia yang memimpin pembangunan tembok-tembok Yerusalem.

Penelitian lebih dalam tentang silsilah dilakukan, yaitu apakah mereka masuk dalam kategori imam. Ternyata tidak ada sehingga mereka mesti menunggu proses uji kelayakan untuk jabatan imam. Selain itu, ada orang yang diangkat menjadi penunggu pintu gerbang dan para penyanyi. Untuk kehidupan para imam, penunggu pintu gerbang, dan penyanyi, ada sumbangan sukarela yang diberikan umat Allah sesuai dengan milik mereka.

Perjalanan hidup manusia dalam dunia ini tidak berhenti pada satu titik saja. Setiap orang patut menggali segala potensi yang dimilikinya agar hidupnya memiliki arti. Dengan mendayagunakan potensinya, seseorang sedang membuka diri untuk anugerah dan kehendak Allah terwujud dalam hidupnya. Dengan demikian, ia memiliki banyak pengalaman positif yang dapat dibagikan kepada orang banyak. Karena itu, marilah kita terus-menerus berkarya dalam kehidupan kita di masa yang akan datang demi kemuliaan nama Tuhan. [WLD]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: