Pertobatan

Baca: Nehemia 9:1-37

Kasih Tuhan selalu menyertai perjalanan bangsa Israel, walaupun mereka sering kali tidak menanggapi kasih-Nya. Namun, Tuhan setia pada perjanjian-Nya. Pemahaman mengenai kasih dan kesetiaan Tuhan telah membawa umat Israel dalam penyesalan dan pertobatan. Mereka menyadari betapa baiknya Tuhan, meski leluhur mereka sering kali mendukakan hati-Nya. Penyesalan dan pertobatan itulah yang membawa umat diperkenan oleh Tuhan.

Orang Israel berpuasa, mengaku dosa mereka serta dosa nenek moyangnya. Mereka melakukannya dengan cara sujud menyembah di hadapan Tuhan (1-3).Mengawali penyesalannya, mereka menaikkan rasa syukur atas berkat Tuhan. Tuhan yang telah memilih Abram dan memberikan Tanah Kanaan (Kej. 12:1-3); Tuhan membelah laut sehingga umat Israel dapat menyeberangi Laut Teberau (Kej. 13:18); dan Tuhan memimpin dengan tiang awan di siang hari dan tiang api pada malam (Kej. 13:21). Melalui Musa di gunung Sinai, Tuhan memberikan hukum Taurat (Kel. 20:1-17); Tuhan memberikan manna surgawi dan air di padang gurun, dan lainnya. Semua kebaikan Tuhan dibalas oleh leluhur mereka dengan pemberontakan dan ketidaktaatan (lih. Kel. 32:1-40). Tetapi, Tuhan tidak meninggalkan mereka. Ia menyertai umat-Nya selama empat puluh tahun di padang gurun. Bahkan Tuhan menyertai mereka menduduki Tanah Perjanjian. Ia memberikan kehidupan baru, namun sekali lagi umat-Nya tetap memberontak. Dalam murka-Nya, Tuhan membuang umat-Nya kepada bangsa asing sebagai tindakan pendisiplinan. Dalam konteks inilah, umat memohon pengampunan dan menyatakan pertobatan.

Ingatlah akan kebaikan Tuhan yang telah menyertai hidup kita. Tanpa anugerah-Nya, mustahil kita masih mengecap berkat keselamatan Allah. Jika kita masih hidup dalam dosa, dengarlah berita pertobatan dari Allah. Jangan takut! Datanglah kepada Allah dengan kerendahan hati, niscaya Ia akan mengampuni kita. Sebab Ia adalah Allah yang baik dan mahapengampun. [WLD]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Satu Tanggapan

  1. Dengarlah doaku ya Tuhan jangan permalukan aku, karena tanpa penebusan Tuhan aku akan binasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: