Penahbisan Tembok Yerusalem

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Baca: Nehemia 12:1-47

Penahbisan ialah mengkhususkan sesuatu atau seseorang bagi Allah. Penahbisan adalah awal dari segala tindakan yang terkait dengan suatu barang atau tempat yang hendak digunakan. Barang atau tempat tersebut dikuduskan dalam suatu upacara penahbisan yang dilakukan oleh para imam. Penahbisan juga dapat dimaknai sebagai pernyataan seseorang yang menerima karunia Allah dalam tugas yang diembannya untuk mengawali karya pelayanan tersebut.

Perjanjian Lama mencatat tahbisan mezbah dan Bait Allah. Dalam Kitab Bilangan 7:10 dengan jelas tercatat bahwa para pemimpin bukan hanya mempersembahkan persembahan, tetapi juga melakukan penahbisan mezbah. Salomo mempersembahkan dua puluh dua ribu ekor lembu sapi dan seratus dua puluh ribu ekor kambing domba untuk menahbiskan rumah Tuhan (1Raj. 8:63). Selain itu, penahbisan juga berkaitan dengan jabatan tertentu (Kel. 29:9; ). Misalnya, nabi Mikha melakukan penahbisan iman terhadap anaknya (Hak. 17:5).

Dalam konteks ini, Nehemia dan Ezra berperan penting dalam penahbisan tembok Yerusalem bersama para imam dan kaum Lewi. Orang-orang Lewi telah kembali dengan Zerubabel (1-9). Mereka berperan dalam pembukaan tembok Yerusalem (27-30) beserta para penduduk (31-43). Prosesi penahbisan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: kelompok yang memuji Tuhan akan berjalan mengelilingi tembok hingga berakhir di Bait Suci. Sedangkan kelompok lainnya menaikkan pujian kepada Allah di Bait Suci.

Sejak permulaan gereja, kita sudah mengenal tahbisan dalam lingkup jabatan gerejawi. Salah satu contoh adalah penahbisan jabatan pendeta dalam kehidupan bergereja. Mengawali karya pelayanannya sebagai pendeta, ada serangkaian prosesi khusus yang harus dilakukan oleh gereja, seperti: pujian, doa, penumpangan tangan, dan lainnya. Prosesi itu menunjukkan bahwa orang tersebut telah menerima karunia Allah dan Allah telah melayakkannya memangku jabatan gerejawi tersebut. [WLD]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: