Menikah atau Melajang?

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yeremia 16

Para psikolog berpendapat bahwa orang yang menikah cenderung lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih panjang umur. Persoalannya, Allah tidak mengizinkan Yeremia membuktikan pendapat seperti itu.

Allah menjadikan Yeremia sebagai alat peraga untuk menyampaikan pesan-Nya. Di tengah masyarakat tradisional Israel zaman itu yang menilai negatif orang yang melajang, Allah justru melarang Yeremia menikah dan memiliki anak (16:1-2). Menikah dan melahirkan anak itu menyangkut pengharapan masa depan. Setiap kali orang bertanya mengapa ia melajang, Yeremia mendapat kesempatan untuk menyampaikan pesan Allah: Yerusalem atau Yehuda tidak punya masa depan karena hukuman Allah segera datang! Istri dan anak mereka akan mati oleh penyakit dan pedang (16:3-9, 16-18). Kengerian yang dahsyat akan terjadi saat Babel menaklukkan dan mengangkut mereka ke pembuangan akibat kejahatan mereka terhadap Allah yang melebihi nenek moyang mereka (16:10-13).

Pesan yang buruk itu diakhiri Yeremia dengan dua visi atau nubuatan yang penuh pengharapan: Pertama, orang Israel yang terbuang itu akan dibawa pulang oleh Allah, seperti peristiwa keluaran leluhur mereka dari Mesir (16:14-15). Kedua, bangsabangsa kafir akan mengakui kesia-siaan berhala dan menyembah Allah yang hidup, yaitu Allah Israel (16:19-21).

Status melajang atau menikah itu bukanlah masalah. Persoalan yang sesungguhnya adalah apakah kita bisa menggunakan hidup kita sebagai penyampai pesan kasih dan keadilan Allah agar orang berdosa pada zaman kita bisa meninggalkan ilah-ilah mereka serta menyembah Yesus Kristus, Juru Selamat dunia. [ICW]

“Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga.” Matius 19:12a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: