Hari Sabat

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Baca: Nehemia 13:15-31

Sabat adalah hari yang dikuduskan oleh Allah. Ia menetapkan satu dari tujuh hari sebagai hari bagi ciptaan-Nya untuk bersekutu dengan-Nya. Dalam Sepuluh Hukum Taurat dengan tegas Allah menetapkan hari perhentian sebagai hari Sabat (Kel. 20:8-11; bdk. Kej. 2:2-3).

Berdasarkan prinsip kebenaran Allah ini, hukum Yahudi melarang bangsa Israel bekerja pada hari Sabat. Sebab Sabat adalah hari untuk Tuhan. Saat Nehemia kembali ke Yerusalem, ia mendapati banyak pelanggaran yang dilakukan bangsa Israel kepada Allah. Belum lama mereka dipulihkan Allah dari tanah pembuangan dan sekarang mereka mulai berulah kembali. Seolah-olah mereka masih belum jera terhadap murka dan hukuman Allah.

Pelanggaran apakah yang telah dilakukan oleh orang-orang Yahudi pada zaman Nehemia? Pertama, mereka melanggar kesucian hari Sabat. Mereka bekerja pada hari yang disucikan oleh Allah (15). Kedua, mereka tidak memberikan teladan sebagai umat Allah yang kudus. Dengan sengaja mereka ikut serta melakukan transaksi bisnis dengan bangsa (16). Ketiga, para pemuka orang Yahudi dengan sengaja melanggar hari Sabat. Mereka melakukan pembiaran terhadap pelanggaran tersebut (17-18).

Untuk mencegah Allah murka, Nehemia mengambil langkah tegas, yakni: Pertama, menutup pintu-pintu gerbang Yerusalem menjelang hari Sabat (19). Kedua, melakukan teguran terhadap mereka yang masih berjualan pada hari Sabat (20-21). Ketiga, mengutuki mereka yang kawin campur (23-27).Ternyata hal itu mulai berdampak terhadap perilaku umat Allah (21)

Pada masa kini pemahaman tentang hari Sabat mengalami kebaruan. Kebaruan itu terjadi dalam perjalanan umat Tuhan. Kristus adalah Tuhan atas Sabat (Luk. 4:16, 13:10-17). Kebangkitan Kristus dijadikan momen bagi umat Allah Perjanjian Baru untuk berhimpun dan merayakan kebangkitan-Nya. Karena itu, kebangkitan Kristus menandai dimulainya era baru bagi umat Allah dalam berbakti dan beribadah kepada Tuhan. [WLD]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: