Mentor yang Baik

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Baca: Filemon 1:8-16

Ketika menulis surat ini, Paulus menyadari bahwa dirinya sudah tua (9). Dalam keberadaannya sebagai orang yang lebih tua, ia menyebut teman-teman sekerja dan anak-anak muda yang dibimbingnya dengan panggilan “anak.”

Paulus menyebut Onesimus sebagai anak yang ditemukannya saat ia berada dalam penjara (10). Apa yang dimaksud dengan kata “anak”? Dalam konteks Onesimus yang statusnya adalah budak, maka istilah “anak” dipahami dalam pengertian anak rohani. Artinya, Paulus berinisiatif mengambil peran utama sebagai bapak rohani untuk mengasuh, menuntun, dan mengarahkan Onesimus (bdk. 1Kor. 4:15). Tindakan itu pernah Paulus lakukan terhadap Filemon dan tiba saatnya ia memperlakukan hal yang sama terhadap Onesimus demi Injil Kristus.

Keputusan dan inisiatif Paulus membuktikan bahwa ia rela menanggung beban dan tanggung jawab tersebut kepada dirinya. Ia menyadari bahwa membimbing anak-anak rohani dengan pelbagai latar belakang yang berbeda-beda tidaklah mudah. Tetapi, demi Injil dan tersebarnya anugerah keselamatan dalam Kristus, Paulus berani mengambil risiko itu, walau dirinya berada dalam penjara. Ia melihat bahwa penjara bukanlah halangan yang dapat mematikan optimismenya untuk memenangkan sebanyak mungkin jiwa bagi Kristus.

Pada masa kini, tindakan Paulus lebih dikenal dengan istilah mentoring. Ia dapat digolongkan sebagai mentor yang baik. Karena ia mau membimbing siapa pun yang mau hidup demi Kristus. Ia bukan hanya menuntun seorang pada kebenaran Allah, tetapi juga memperlengkapi mereka dengan pelbagai keahlian. Dengan kesabaran, ia memberikan nasihat dan arahan agar orang tersebut tidak salah jalan. Lebih dari itu, Paulus selalu mendoakan semua anak didiknya kepada Allah.

Setiap orang sebaiknya memiliki mentor. Tujuannya, agar kita mempunyai tempat untuk bertukar pikiran dan mengarahkan hidup kita menjadi orang yang lebih baik. Karena kelak, kita akan menjadi seorang mentor yang memiliki peran bagi orang lain. [LL]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: