Penghukuman pada Hari Tuhan (1)

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Baca: Zefanya 2:4-15

Siapa menabur angin, dia akan menuai badai. Artinya, dia yang berbuat, dia pula yang terkena akibatnya. Sebab Tuhan tidak pernah tertidur dan Ia akan menegakkan keadilan-Nya di atas bumi. Inilah gambaran dari nubuat Nabi Zefanya atas bangsa-bangsa.

Dalam nubuatannya, ia menyatakan bahwa berbagai kota yang penting bagi orang Filistin akan dihancurkan oleh Tuhan, yaitu kota Gaza, Askelon, Asdod, dan Ekron yang letaknya di tepi laut. Semuanya akan binasa beserta seluruh penduduknya (4-5). Kota-kota itu akan didiami oleh orang-orang Yehuda yang akan kembali dari pembuangan, yaitu mereka yang tetap menyembah dan taat kepada Allah Israel (7; bnd. Yes. 10:20-27). Kecongkakan Moab dan Amon akan dipatahkan karena mereka telah mencela umat Tuhan serta merebut tanah-tanah orang Israel (8). Nasib mereka akan menjadi sama seperti kota Sodom dan Gomora. Seluruh kota yang telah menjadi puing akan diwariskan kepada Yehuda (9). Tuhan akan menunjukkan keperkasaan-Nya sehingga seluruh bangsa akan sujud dan menyembah-Nya (11).

Bangsa Etiopia dan Asyur yang kuat juga akan dibinasakan oleh Tuhan. Kota-kotanya akan menjadi sunyi sepi dan tandus seperti padang gurun. Tembok-temboknya yang tinggi menjadi puing-puing reruntuhan. Binatang hutan dan burung-burung yang menjadi penghuni kota-kota itu (12-15). Kota-kota yang begitu semarak tidak akan ada lagi karena murka Tuhan yang dahsyat.

Hari Tuhan akan datang dengan segala kengerian-Nya. Setiap dosa akan dibuka dan semua kejahatan mendapatkan balasannya. Mereka yang tidak percaya kepada Tuhan akan dibinasakan, sedangkan mereka yang setia menantikan Tuhan akan bersukacita pada hari TUHAN. Bagi mereka, hari itu merupakan hari kemenangan karena kemuliaan Tuhan dinyatakan atas seluruh bumi. Bagi mereka yang percaya pada Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat akan menerima mahkota hidup kekal dan memerintah bersama Allah (bdk. 2Tim. 4:8, 2:12). Saat hari itu tiba, di manakah posisi Anda? Marilah kita dengan serius memikirkan dan merenungkannya. [IVL]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: