Apakah Masih Ada Keadilan?

– Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville

Baca: Mazmur 10-11

Banyak orang yang mengaku beragama, tetapi perbuatan mereka menun­jukkan bahwa mereka tidak takut akan Tuhan. Mereka menganggap Tuhan itu jauh, bahkan Tuhan dianggap tidak ada (10:4). Walaupun mereka be­lum dihukum, suatu saat Tuhan akan menyatakan keadilan-Nya.

Karena orang-orang yang berbuat jahat tidak langsung dihu­kum Tuhan, mereka seakan-akan bebas untuk berbuat jahat. Pada masa kini, kita masih bisa menjumpai berbagai penga­niayaan dan kesulitan yang dihadapi orang Kristen dalam wujud penghancuran gereja, kesulitan untuk mendapat izin mendirikan rumah ibadah, dan berbagai ancaman bila kita melakukan penginjilan. Dalam situasi semacam ini, mungkin kita akan berta­nya apakah masih ada keadilan bagi orang Kristen? Perbuatan fasik (perbu­atan yang tidak mengindahkan kehendak Allah) tidak hanya dilakukan oleh orang yang tidak mengenal Allah, tetapi juga oleh orang yang mengaku me­ngenal Allah dan beribadah kepada-Nya. Mereka senang melakukan semua bentuk kejahatan. Pemazmur semakin tertekan ketika melihat bahwa Tuhan bungkam dan belum bertindak melawan kefasikan (10:1).

Sekalipun situasi seperti di atas, pemazmur tidak melepaskan pengha­rapan dan imannya kepada Tuhan. Tuhan pasti mempertimbangkan apa yang dilakukan manusia dan Tuhan pasti akan membalas kejahatan sesuai dengan keadilan-Nya (10:13-14). Tuhan pasti mendengarkan segala keluh kesah yang disampaikan orang percaya dalam doa dan Dia pasti akan bertin­dak sesuai dengan kehendak-Nya (10:17-18). Tindakan-Nya selalu adil. Se­mua orang percaya yang berlindung dan bersandar kepada-Nya pasti akan dibela oleh-Nya. Jangan berhenti berharap dan mempercayai Tuhan, Sang Raja yang Adil! [FW]

Mazmur 10:17-18a

“Keinginan orang-orang yang tertindas telah Kaudengarkan ya Tuhan; Engkau menguatkan hati mereka, Engkau memasang telinga-Mu, Untuk memberi keadilan kepada anak yatim dan orang yang terinjak.”

Share

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.