Mentalmu seperti kaca atau baja?

“Palu menghancurkan kaca, tapi palu membentuk baja.”

Apa makna dari pepatah kuno Rusia ini?

Jika mentalmu rapuh seperti kaca, maka ketika palu masalah menghantammu, maka dengan mudah kamu akan putus asa, frustasi, kecewa, marah dan jadi remuk redam.

Jika kamu adalah “kaca”, maka kamu juga rentan terhadap benturan. Kamu mudah tersinggung, kecewa, marah, atau sakit hati saat kamu berhubungan dengan orang lain. Sedikit benturan sudah lebih dari cukup untuk menghancurkan hubunganmu dgn mereka.

Jangan pernah jadi “kaca”, tapi jadilah “baja”. Mental baja adalah mental yang selalu positif, bahkan tetap bersyukur di saat masalah dan keadaan yang benar-benar sulit tengah menghimpitmu.

Orang yang bermental baja selalu menganggap bahwa masalah adalah proses kehidupan untuk membentuknya menjadi lebih kuat.

Sepotong besi baja akan menjadi sebuah alat yang lebih berguna setelah lebih dulu ditempa dan dibentuk dengan palu oleh tangan pandai besi dalam bara api.

Setiap pukulan memang menyakitkan, namun orang yang bermental baja menyadari bahwa itu akan selalu membawa kebaikan bagi dirinya. 

Jika kamu adalah “baja”, maka kamu akan melihat palu sebagai “sahabat” yang akan membentukmu.

Sebaliknya jika kamu adalah “kaca”, maka kamu akan selalu melihat palu sebagai “musuh” yang akan menghancurkanmu.

Satu Tanggapan

  1. Yth, Berita renungan pagi sering saya terima di atas jam.7 pagi, kalo tidak keberatan tolong dikirimnya lebih awal lagi waktunya, krn saya sering ibadah pagi biasanya jam.4.30 pagi.Terima kasih atas perhatiannya.Tuhan Yeus memberkati.

    Johny

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.