Firman Tuhan Sumber Hikmat

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 119:73-104

Kunci memiliki hikmat sebenarnya bukanlah terletak pada seberapa banyak seseorang mengetahui firman Tuhan, tetapi pada seberapa banyak firman Tuhan itu direnungkan, dipahami, dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Taurat Tuhan atau firman Tuhan adalah sumber hikmat dalam kehidupan pemazmur. Dengan merenungkan firman Tuhan, pemazmur mendapatkan hikmat untuk menghadapi musuh-musuhnya. Bahkan, firman Tuhan yang ada dalam hati pemazmur membuat dia menjadi lebih bijaksana dari para guru dan para orang tua. Tentu saja maksud perkataan pemazmur ini bukan sesuatu yang sederhana. Alangkah luar biasanya jika hikmat seseorang dapat melewati hikmat para guru dan para orang tua yang sudah lama mempelajari Taurat Tuhan dan sudah memiliki banyak pengalaman.

Guru-guru yang mengajar Taurat dan para orang tua Israel pada waktu itu pasti sudah belajar Taurat lebih lama dan lebih banyak daripada pemazmur. Mengapa pemazmur mengatakan bahwa ia lebih bijaksana dari mereka? Pemazmur dapat mengatakan bahwa ia lebih bijaksana dari mereka karena ia sungguh-sungguh merenungkan Taurat Tuhan dan melakukan Taurat Tuhan itu dalam kehidupannya sehari-hari (119:97-102). Inilah kunci bagi seseorang untuk dapat memperoleh hikmat melalui firman Tuhan.

Jikalau seseorang hanya banyak mengetahui firman Tuhan, namun ia tidak pernah sungguh-sungguh merenungkannya dan melakukannya, ia tidak akan pernah mendapatkan hikmat dari firman Tuhan. Alkitab mengatakan bahwa orang yang demikian adalah orang yang sedang menipu diri sendiri (Yakobus 1:22-25). [WY]

Yohanes 13:17
“Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 9.500 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: